Macaroni Schotel

Bahan:

  • 250 gr macaroni, seduh dengan air mendidih, tutup dan diamkan hingga setengah mengembang, tiriskan.
  • 200 gr daging cincang
  • 3 lembar smoked beef, cincang kasar
  • 150 gr keju cheddar, parut kasar (pake parutan rujak, jangan parutan keju)
  • Sayuran sesue slera (wortel parut kasar, ato bayam-rebus-peras-cincang ato irisan jamur champignon dll)

Bumbu:

  • 1 sdt peres merica bubuk ato secukupnya
  • ½ sdt pala bubuk ato secukupnya
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • Garam, kalo perlu ajah (ati2, keju & kaldu bubuknya udah asin loh)
  • 2 sdt gula pasir ato secukupnya

Tumis sampe wangi:

  • 7 butir bawang merah, iris
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 2 sdm margarin + 2 sdm minyak sayur

Kocok jadi satu sampe rata:

  • 300 ml susu evaporated + 200 ml air matang >>> bisa diganti 500 ml fresh milk
  • 6 butir telur, kocok lepas

Topping Tomat, aduk jadi satu sampai halus:

  • 2 sdm pasta tomat
  • 3 sdm saus tomat
  • 4 sdm air matang
  • sedikit bumbu itali kalo suka (oregano, thyme dll) >>> aku biasanya gak pake

Topping Putih, aduk jadi satu sampai halus:

  • 75 gr cream cheese
  • 2 sdm tepung terigu
  • 100 ml putih telur
  • 50 ml susu evaporated

Taburan:

  • Keju cheddar parut
  • Smoked Beef iris kasar

Cara:

  • Siapin kukusan (plus aernya ya :P) diatas api.
  • Tumis bahan tumisan sampe wangi, masukin daging cincang dan bumbu2, masak sampe daging setengah matang.
  • Campur tumisan daging, sayuran, smoked beef dan keju bersama campuran telur, aduk2 sampe rata.
  • Tambahkan macaroni rebus, aduk2 lagi sampe menyatu. Tuang ke pinggan ato loyang yang udah diolesin minyak/margarin, kukus 30 menit.
  • Keluarin dari kukusan, diemin 10-15 menit biar permukaannya rada kesat, olesin topping tomat sampe rata lalu tuangi topping putih dan ratakan lagi pake sendok. Ngeratain topping putihnya gak usah pake disapu2 ya ntar topping tomatnya jadi nyampur (tapi nyampur2 dikit juga gpp kok, sante ajaa…).
  • Taburi bahan taburan, oven dengan suhu tinggi sampe keju di permukaannya mulei rada kecoklatan, angkat.
  • Siap disajikan hangat.

Ukuran loyang: kalo pengen tebel pake 22 x 22 cm, tapi kalo pengen tipis dipotong kecil2 aliyas finger foods bisa jadi 2 loyang (ukuran yang sama).

untuk yang suka susu, ganti dengan krim kental alias whipped cream cair aja… (tapi bukannya krim kental juga berasal dari susu? hasilnya sih lebih gurih kalo pake whipped cream… *jadi bingung juga*)

Kuncinya: Dikukus dulu sebelum dipanggang, hasilnya schotel menjadi lembuuuut….

Source : Lia – Surabaya

Incoming search terms for the article:

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

No comments yet.

Leave a Reply